Jakarta, Indonesianews.co.id
Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih bergejolak hingga saat ini, masyarakat terus berjuang dalam kondisi ekonomi yang serba sulit dan terbatas. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi merupakan dua hal yang memiliki peran penting dalam membantu pembangunan perekonomian Indonesia, karena mampu meningkatkan kualitas hidup serta kemampuan ekonomi masyarakat luas. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia berkecimpung dalam kegiatan UMKM dan koperasi.
Dalam menyambut Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, terus memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi dan peningkatan kualitas UMKM dengan menyelenggarakan Webinar UMKM Hari Koperasi bertajuk “Jualan Tanpa Menjual, Berdagang Sambil Berteman” pada Rabu, 28 Juli 2021.
Webinar pelatihan ini kembali menggandeng lembaga Astra lainnya, yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk terus berkolaborasi membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui dukungan pembinaan UMKM di Indonesia. Pelatihan ini dihadiri oleh 413 peserta yang datang dari UMKM binaan Grup Astra dan umum.
Acara webinar dibuka dengan opening speech oleh Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility (CSR) Yulian Warman. Dalam speech-nya, Yulian mengatakan, “Guna mendukung sektor UMKM menjadi tulang punggung untuk memulihkan sektor perekonomian, kualitas UMKM harus terus ditingkatkan dan di-maintain agar terus berkembang, khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini.”
Lanjut Yulian, “Oleh karena itu, FIFGROUP melalui salah satu pilar pemberdayaan masyarakat bersinergi dengan YDBA, melakukan kegiatan penyaluran Dana Bergulir dan Webinar Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang berdampak pada pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya bagi mereka yang memiliki insiatif untuk berusaha dan menumbuhkan kesadaran, kemauan serta kemampuan meningkatkan kesejahteraannya.”
Dalam program pelatihan ini, FIFGROUP menghadirkan salah satu praktisi dan pakar dalam bidang UMKM dan koperasi yang pernah menjadi salah seorang insan Astra, yaitu Iyan Iriansah Sidik, dan juga merupakan purnabakti Strategic Planning PT Astragraphia Tbk.
Iyan, begitu pria paruh baya tersebut biasa dipanggil, memberikan materi kepada seluruh peserta UMKM mengenai pengertian dasar terkait UMKM Mikro, permasalahan yang kerap terjadi pada UMKM Mikro, serta tips dan trik bagaimana membawa UMKM Mikro naik kelas melalui berbagai ide serta pemanfaatan teknologi yang ada.
Selain menyerap 97% angkatan kerja, UMKM yang berjumlah kurang lebih 64,2 juta juga berkontribusi sebesar 56-59% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, namun baru sekitar 17,1% yang memanfaatkan daring sebagai salah satu platform untuk berjualan.
Iyan, saat memberikan materinya mengatakan, “Apapun yang terjadi, UMKM harus tetap positive thinking dan bersyukur. UMKM harus naik kelas supaya mampu bersaing, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti contohnya platform media sosial.”
Webinar Pelatihan UMKM ini diharapkan dapat memberikan cakrawala dan gambaran baru serta suntikan semangat untuk seluruh pelaku UMKM binaan Grup Astra agar mampu bertahan dan berkembang ke arah yang lebih baik khususnya di era new normal saat ini.
Pengembangan UMKM
Kegiatan webinar ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan dan berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, yaitu YDBA. Program kolaborasi ini menjadi inisiatif perusahaan dalam memberikan kontribusi sosialnya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia serta untuk mengembangkan UMKM binaannya dengan cara menginisiasi memberikan beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.
Yulian Warman, mengatakan dalam menjalankan program CSR, FIFGROUP memiliki 4 pilar, di mana salah satu pilarnya merupakan Pilar Pemberdayaan Masyarakat. Pada tahun 2021 ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir.
“Tahun ini, kami memfokuskan program CSR pada Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGROUP. Dengan network kami yang tersebar di seluruh titik di Indonesia, kami menargetkan agar program ini bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang di seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya pelaku UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional,” kata Yulian.
Kiprah UMKM FIFGROUP
Program inisiatif FIFGROUP yang diberi nama dengan Program Dana Bergulir ini ditujukan untuk memberikan pembiayaan tanpa bunga untuk UMKM di seluruh Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 dengan total penerima dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM dengan total nominal manfaat bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp 846,5 juta dan tersebar di berbagai titik di Indonesia, termasuk Jakarta dan Cabang FIFGROUP.
Tahun ini, FIFGROUP mengkolaborasikan program dana bergulirnya dengan program kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM bersama Grup Astra, sehingga total dana bergulir yang disalurkan adalah Rp 2,313 miliar kepada 803 UMKM.