Tradisi Sedekah Dusun Warga Gondang Desa Burno Lumajang

Desa163 Views

Lumajang, indonesianews.co.id – Warga Dusun Gondang, Desa Burno, kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang menggelar tradisi bersih-bersih dusun atau Sedekah Dusun, yang dilaksanakan, Senin (8/7/2024).

Kegiatan bersih desa sampai saat ini masih banyak ditemui dilingkungan masyarakat, ini merupakan tradisi Sedekah turun temurun yang dilaksanakan oleh warga, seperti halnya warga Dusun Gondang.

Ratusan warga memadati jalanan yang dilalui arak arakan Jolen atau sesaji, yang merupakan hasil pertanian warga masyarakat Dusun Gondang, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan berbagai hasil bumi warga di hias dibawa arak arakan, sehingga berbagai kreasi arak arakan menjadi daya tarik tersendiri.

Sekretaris Desa Burno Heri Nurhandoyo mengungkapkan ini agenda tahunan, dimana masyarakat melaksanakan sedekah dengan tujuan hasil pertanian atau hasil buminya dapat melimpah ruah.

“Kami berharap kegiatan ini bisa dipertahankan, baik itu di tingkat dusun maupun desa,” ujarnya.

Heri Nurhandoyo juga menyebutkan, bersih dusun ini masyarakat mensyukuri hasil bumi yang ada dan digambarkan melalui apanya jolen yang diarak beramai-ramai.

“Arak-arakan ini dimulai dengan prosesi iring-iringan tari tradisional khas Lumajangan,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dusun Gondang Kertonadi yang menyebutkan, kegiatan Sedekah Dusun ini dilaksanakan pada bulan Suro, ini merupakan sedekah, dimana masyakarat setiap bulan Suro diajak sedekah, melalui upacara kirap, arak arakan jolen.

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan warga Dusun Gondang yang harus dilaksanakan,” ungkapannya.

Kertonadi berharap dengan kegiatan ini kerja warga menjadi lancar, rezeki melimpah ruah, dan ini merupakan adat yang setiap tahunnya dilaksanakan warga. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *